Rabu, 20 April 2011

Apakah Ini masuk Kategori Penipuan?

Kiranya kalian juga pernah nerima sms dari operator selular, bunyinya kurang lebih seperti ini: Kamu pelanggan terpilih HARI INI untuk bisa dapatkan bonus 15JT/BULAN 1 TAHUN PENUH! Hubungi *111*994# dan join dalam tips keuangan. Rp2rb.

Pokoknya sms sejenis itu. Dulu pertama kali kuterima sms seperti dari kartu simpati, mengabarkan kamu pemilik kesempatan pertama mendapatkan HONDA grandmax, bla... bla... Kalo gak salah, sms itu keterima tahun 2009. Kuikuti saja langkahnya, aku daftar sesuai perintahnya. Habis itu, keluar deh quiz, meminta dijawab bila ingin memang HONDA. Habis dijawab, keluar lagi pertanyaan lain. Lupa sampai berapa, tapi lebih dari dua kali. Setelah itu, tak ada jawaban apa-apa, tak ada follow up, tak ada info.

Apakah SMS seperti itu masuk ke dalam kategori penipuan? Kiranya, bagi mereka yang pertama menerima SMS seperti itu, sangat besar bisa ikut mendaftar, dan hasilnya akan sama, nihil. Tapi, bila tiga kali saja kirim SMS tuk menjawab quis, berarti Rp6.000 pulsanya mengalir dan menguap. Seandainya ada 2 juta saja yang mengirimkan jawaban quis melalui SMS, dan masing-masing ikut menjawab quis sampai tiga kali, berarti omzet yang terkumpul adalah Rp2.000 (per sms) X 2.000.000 (orang) X 3 (kali kirim sms) = Rp 12.000.000.000 (wow omzetnya mencapai 12 milyar rupiah). Telisik punya telisik, hadih HONDA itu juga belum tentu ada.

Seorang mantan direktur di salah satu perusahaan operator selular pernah menuturkan, perusahaannya kala itu mengadakan semacam quis dengan hadiah 4 jaguar. Tapi yang dikasihkan hanya 1, dan tak ada yang protes. Kebohongan seperti ini, menurut dia, adalah wajar.

Nah, sangat mungkin SMS yang merebak dari para operator selular seperti itu, diam-diam menjengkelkan juga. Akhirnya, aku berhenti langganan simpati, lalu pindah ke indosat, eh sama aja ada sms seperti itu. Kalau XL selalu mengabarkan ikuti dering dari WALI, hah WALI? emang gua penggemar wali apa? Najong.....

Akhirnya kubuang kartu indosat, xl, dan kini sedang bingung, kira-kira operator mana ya yang tidak mengirimkan sms berbau undian?

Rasanya belum ada solusi. Tapi aku berharap segera masuk handphone yang tanpa pulsa itu, yg kemarin2 mau diluncurkan oleh blackberry di Jakarta, tapi tak jadi karena diprotes termasuk oleh para operator selular tang memang bisa bikin mereka bangkrut. Yah, aku juga kurang setuju kalau blackberry yang masuk, inginnya sih handphone dari china walau hanya untuk sekali pakai dan kualitas kurang bagus. Tak apalah kalau hp non pulsa dari China yang masuk, itung-itung mendukung program AFTA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Penting dan Berguna